PowerPoint Sistem Operasi Bagian 1 Pendahuluan

PowerPoint Sistem Operasi Bagian 1 Pendahuluan

Sistem-Operasi-Bagian-1-Pendahuluan
0 40

PowerPoint Sistem Operasi Bagian 1 Pendahuluan

PowerPoint Sistem Operasi Bagian 1 Pendahuluan, Download PowerPoint Sistem Operasi Bagian 1 Pendahuluan

Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft WordExcelAccess dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasiMicrosoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013. hingga saat ini sudah mencapai 2016.

Kali ini kita saya akan memberikan dan menampilkan sebuah PowerPoint Perangkat Keras PLC yang nantinya PowerPoint Perangkat Keras PLC dapat digunakan oleh bapak dan ibu guru menganjar dengan mengunkan alat peraga komputer/laptop dan proyektor/infocus.

Sistem operasi (bahasa Inggris:

Gambaran Letak Sistem Operasi
Gambaran Letak Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer,[1][2] meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

Contoh sistem operasi modern adalah LinuxAndroidiOSMac OS X, dan Microsoft Windows.[3]

Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

Secara umum, sistem operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu sistem operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Sebagian Sistem operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan sistem operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah WindowsLinuxFree BSDSolarispalmsymbian, dan sebagainya.

Dwonload PowerPoint Sistem Operasi Bagian 1 Pendahuluan

Klik Slide > gunakan Tombol Kiri – Kanan atau Atas – Bawah untuk Melihat Slide Tersebut.

Diskripsi
Sistem Operasi adalah sekumpulan perangkat lunak yang berada diantara
program aplikasi dan perangkat keras. Sistem operasi merupakan penghubung
antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Ruang lingkup
mata pelajaran sistem operasi ini ialah pengenalan sistem operasi closed
source keluarga windows.

Definisi Sistem Operasi
Sistem operasi (operating system atau OS) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer. Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software aplikasi. Layanan tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, tugas penjadwalan, dan antar-muka user. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas ini dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

sistem operasi DOS
sistem operasi DOS

Ragam sistem operasi
Sistem operasi yang digunakan untuk sistem komputer umum termasuk
komputer personal terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

1. Keluarga  Microsoft  Windows  –  sistem  operasi  meliputi  antara  lain ialah Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga versi  3.x),  berbasis  GUI  Windows  9x  (Windows  95,  98,  dan  Windows ME).  Sistem  operasi  berbasis  Windows  NT  seperti  Windows  NT  3.x, Windows  NT  4.0,  Windows  2000,  Windows  XP,  Windows  Server  2003, windows  server  2008,  windows  server  2008  R2,  Windows  Home  Server Windows  Vista,  Windows  7  (Seven)  yang  dirilis  pada  tahun  2009, Windows  8  yang  dirilis  pada  Oktober  2012  dan  Windows  Orient  yang akan  dirilis  pada  tahun  2014.  Keluarga  Windows  CE  seperti  windows
CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile.

2. Keluarga  Unix.  Si st em  oper asi   ini   menggunakan  ant armuka  sistem operasi  POSIX,  seperti  SCO  UNIX,  keluarga  BSD  (Berkeley  Software Distribution),  GNU/Linux,    debian,  red  hat,  SUSE,  Ubuntu,  Zeath  OS (berbasis  kernel  linux  yang  dimodifikasi.).  MacOS/X  (berbasis  kernel BSD  yang  dimodifikasi,  dan  dikenal  dengan  nama  Darwin)  dan  GNU/Hurd.  Sistem  operasi  keluarga  unix  lainnya  seperti  AIX,  Amiga OS,   DragonFly  BSD,  Free  BSD,  GNU,  HP-UX,  IRIX,Linux,  LynxOS, MINIX,  NetBSD,  OpenBSD,  OS  X,  Plan  9,  QNX,  Research  UNIX,  SCO
OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare.

3. Keluaraga  Mac  OS.  Si st em  oper asi   i ni   di kel uar kan  ol eh  i ndust r i  komputer  Apple  yang  disebut  Mac  atau  Macintosh.  Sistem  operasi  ini antara  lain  ialah  Public  Beta  (Kodiak),  Mac  OS  X  10.0  (Cheetah),  Mac OS  X  10.1  (Puma),  Mac  OS  X  10.2  (Jaguar),  Mac  OS  X  10.3  (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard),  Mac  OS  X  10.7  (Lion),  Mac  OS  X  10.8  (Mountain  Lion). Berbasis  Server  :  OpenStep,  Raphsody,  Mac  OS  X  Server  1.0,  berbasis Mobile:  iOS.  Awal  tahun  2007  dikeluarkan    versi  10.5  (Leopard).  Tahun 2011  diluncurkan  versi  10.7  (lion).  Sistem  tersebut  menggunakan interface  TEXT  (DOS,  POSIX,  LINUX),  dan    GUI  (Graphical  User Interface)  seperti  MS  Windows  dan  LINUX  (berbasis  TEXT  dan  berbasis GUI).

3) Perkembangan Umum Sistem operasi
Menurut  Tanebaum,  Sistem Operasi mengalami perkembangan  yang dapat dibagi ke dalam lima generasi.

a) Generasi Awal
(1945-1955)
Generasi  pertama  merupakan  awal  perkembangan  sistem  komputasi  elektronik
sebagai  pengganti  sistem  komputasi  mekanik,  hal  itu  disebabkan  kecepatan
manusia  untuk  menghitung  terbatas  dan  manusia  sangat  mudah  untuk
membuat  kecerobohan,  kekeliruan  bahkan  kesalahan.  Pada  generasi  ini  belum
ada  sistem  operasi,  maka  sistem  komputer  diberi  instruksi  yang  harus
dikerjakan secara langsung oleh pengguna.

b) Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi  kedua  memperkenalkan  Batch  Processing  System,  yaitu  Job  yang dikerjakan  dalam  satu  rangkaian,  lalu dieksekusi  secara  berurutan.  Generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS

c) Generasi Ketiga (1965-1980)
Sistem  operasi  pada  generasi  ini  dikembangkan  untuk  melayani  banyak pemakai,  dimana  para  pemakai  berkomunikasi  lewat  terminal  secara  on-line  ke komputer. Sistem operasi menjadi multi-user (digunakan oleh banyak pengguna sekaligus),  multi-programming  (melayani  banyak  program  sekaligus)  dan  multi tasking (melayani banyak tugas dan pekerjaan /  Batch Processing System)

d) Generasi Keempat (1980 – 2000-an)
Pada  masa  ini  sistem  operasi  telah  menggunakan  Graphical  User  Interface (GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan mudah  digunakan.  Pada  masa  ini  juga  dimulai  era  komputasi  tersebar (distributed  computer)  dimana  komputasi-komputasi  tidak  lagi  berpusat  di  satu titik,  tetapi  dipecah  dibanyak  komputer  sehingga  tercapai  kinerja  yang  lebih
baik.

e) Generasi Selanjutnya
Pada  generasi  ini  diperkenalkan  Sistem  Operasi  yang  berada  dalam  sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti:  PDA,  Poket  PC,  Laptop,  Notebook  dan  NetBook.  Sistem  Operasi jaringan  virtual  juga  berkembang,  sehingga  dalam  satu  jaringan  hanya  diinstal satu  buah  Sistem  Operasi  pada  perangkat  Server.  Pada  masa  ini, diperkenalkan  virtualization  sistem  yaitu  satu komputer  dapat  diclonning  secara virtual  menjadi  lebih  dari  satu  komputer  (sistem  operasi)  yang  dapat  bekerja bersama-sama,  Cross  Platform  Operating  System  (multiboot  system)  yang dapat  menggabungkan  dua  atau  lebih  Sistem  Operasi  berbeda  seperti  :  Linux dan  Windows.    Generasi  ini  merupakan  awal  tren  Mobile  Computing,  yang perangkatnya  didominasi  oleh  Android,  iOS,  Blackberry  OS,  Windows  mobile, Windows  Phone  dan  Symbian.  Pada  masa  ini  dikenalkan  sistem  iClaud (layanan  komputasi  awan)  yaitu  sistem  layanan  jaringan  yang  dipublikasikan oleh  Apple  Inc  pada  tanggal  6  Juni  2011  di  San  Fransisco. iCloud memungkinkan  para  penggunanya  untuk  mensinkronisasi  data  seperti  foto, musik,  dan  dokumen  dari  perangkat  satu  ke  perangkat  lain  seperti  ke  dalam
iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar, Like Halaman FB Gurudandosen atau share artikel/berita ke FB kami ucapkan terimakasih. Jika masih ada kendala silahkan hubungi kami melalui kontak, chat, email atau sertakan email pada komentar./GDD

MG Admin

Sumber :

86%
mengagumkan
  • Design

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

 Berlangganan newsletter kami
Berlangganan newsletter kami
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja